Menyebutkan Perbedaan Formal dan Informal | Belajar IELTS

Menyebutkan Perbedaan Formal dan Informal

Posted On //

Jika anda sedang mempersiapkan modul untul IELTS Academic, baik Task 1 ataupun Task 2 dalam tes Writing adalah formal. Bagi kandidat General Training, task 2 dalam tes Writing selalu formal, dan Task 1 bisa formal atau informal.

Seperti yang telah diketahui, Task 1 untuk modul GT adalah surat, dan jika topiknya meminta anda menulis surat pada seseorang yang anda kenal, maka surat tersebut dalam bentuk informal – dan sebaliknya jika ditujukan pada seseorang yang tidak anda kenal, maka sebaiknya formal.

Perbedaan antara gaya formal dan informal lebih pada kosakata. Kata-kata informal adalah yang digunakan dalam percakapan sehari-hari dan formal adalah yang biasa digunakan dalam buku, kontrak, surat bisnis dan essai. Jika tugasnya meminta penulisan formal – hindari penggunaan kosakata informal. Jika tugasnya meminta penulisan informal, seperti surat untuk teman, hindari penggunaan kata-kata formal yang “berat”.

Terlepas dari kosakata dalam penulisan informal sangatlah baik menghindari kata-kata seperti “I”, “you”, “we”, kecuali anda mengungkapkan sebuah pendapat. Misalnya dalam sebuah essai ketimbang menulis “You would find it difficult to get a job without proper qualifications”, tulislah sesuatu seperti “One would find it difficult to find a job without proper qualifications”, atau anda dapat menulis “Finding a job without proper qualifications would be rather difficult”.

Bagi anda yang tidak tinggal di Negara berbahasa Inggris dan tidak berbicara bahasa Inggris dalam keseharian akan sulit menyebutkan perbedaan antara kosakata formal dan informal, yang dapat anda temukan pada daftar berikut. Anda dapat menghapalnya dan menggunakannya dalam tulisan anda sambil berlatih – dengan demikian kemungkinan anda menggunakan kata yang tepat dalam tes yang sebenarnya dapat meningkat.



FormalInformal
Inform meLet me know
CancelDrop
ContactGet in touch
ObtainGet
ApologiseSay sorry
PostponeDelay
RequestAsk for
CompensateMake up
EstablishSet up
DiscoverFind out
HandleDeal with
InvestigateCheck up on
ToleratePut up
IncreaseGo up
ChildrenKids
Many / MuchA lot of
Many / MuchHeaps of




Catatan Penting: memahami dengan tepat penggunaan bahasa formal dan informal akan lebih mempermudah anda dalam meraih nilai lebih pada sesi writing dan speaking.

IELTS Kampung Inggris
Belajar IELTS

Artikel Terkait